Manfaat dengan Melakukan Penghematan Energi Listrik

Manfaat dengan Melakukan Penghematan Energi Listrik

hemat listrik

Peningkatan efisiensi energi, jauh lebih berdampak daripada yang disadari kebanyakan orang, dan memberikan beragam manfaat yang lebih luas dari yang biasanya diukur. Dalam beberapa dekade sejak tahun 1970-an, ketika DOE pertama kali mulai menciptakan standar energi peralatan dan peralatan, efisiensi energi telah menjadi sumber daya listrik terbesar ketiga, memberikan kontribusi lebih banyak ke jaringan daripada tenaga nuklir, dan tanpa efisiensi energi kita akan membutuhkan tambahan 313 besar pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan energi kita. Berikut sewatama akan mejelaskan tentang empat manfaat yang bisa anda rasakan dengan melakukan penghematan energi listrik.

Manfaat pertama yang kita dapatkan dari menghemat listrik adalah biaya tagihan listrik bulanan kita menjadi lebih ringan. Kalau biasanya kita harus merogoh dompet dalam-dalam karena sering memakai listrik secara mubazir, berkat penghematan listrik tersebut maka kita juga menghemat pengeluaran tiap bulan dan duit tersebut dapat kita alirkan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Manfaat kedua yang mungkin sering dilupakan adalah bila kita menghemat listrik dengan cara mematikan lampu maka kita akan menghemat umur lampu tersebut. Semakin sering kita menyalakan lampu, semakin berkurang lah umur lampu tersebut. Maka semakin sering juga kita bolak-balik ke toko lampu, yang tentunya akan mengeluarkan biaya lagi. Dan itu juga berlaku untuk barang elektronik lainnya.

Manfaat ketiga dari menghemat listrik tentunya kita telah ikut berpartisipasi dalam mencintai Bumi ini, Bumi dimana kita hidup, bernafas, dan berjalan diatasnya. Sebab, pembangkit listrik khususnya di negara ini masih menggunakan bahan bakar fosil, yang hasil pembakarannya menjadi penyumbang terbesar penyebab pemanasan global.

Dari point nomor 3, secara tidak langsung, dengan menghemat listrik maka kita juga menghemat penggunaan bahan bakar fosil, menjaga lingkungan alam agar tetap bersahabat, memperlambat pencairan es di kutub utara. Dan masih banyak lagi manfaatnya terutama yang akan dirasakan anak cucu kita nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *